character building |
Game 1
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Riki
Andriyanto
|
2
|
Sumber
|
Internet
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Lompat
Vampir
|
4
|
Tujuan
|
Kekompakan
dan kerjasama
|
5
|
Format
|
Kelompok
5 orang
|
6
|
Waktu
|
5
menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
-
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Tujuan
daripada game ini untuk membangun kekompakan dari tim dan kerjasama dari team
ataupun kelompok tersebut sehingga timbul kepercayaan dari seorang leader
kepada anggotanya
|
11
|
Prosedur
|
1. Tim dibentuk
menjadi beberapa kelompok
2. Setiap
kelompok terdiri dari 5 anggota
3. Kemudian
setiap tim harus berangkulan satu dengan lainnya.
4. Setelah itu
ikuti instruktur apa yang dikatakan kemudian di kerjakan
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
Instruktur
akan melakukan pengarahan kepada peserta yaitu dengan mengatakan maju ,
mundur, ke kanan taupun kekiri.
|
13
|
Variasi
|
-
|
Game 2
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Tri
Susanto
|
2
|
Sumber
|
Hasil
pemikiran sendiri
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Keselamatan
bersama
|
4
|
Tujuan
|
Kekompakan
dan kerjasama team
|
5
|
Format
|
Kelompok
5 orang
|
6
|
Waktu
|
Tak
berbatas waktu. Tetapi beradu cepat ke garis finis
|
7
|
Tempat
|
Indoor
/ outdoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
Kertas
A4 atau papan kayu
|
9
|
Peserta
|
Tak
terbatas jumlahnya
|
10
|
Deskripsi
|
Game
ini dilakukan untuk melatih kekompakan, rasa berbagi, dan kepedulian
|
11
|
Prosedur
|
1. Setiap peserta
diberi kertas a4.
2. Semua peserta
akan berlomba memindahkan semua anggota kelompoknya sampai garis finis.
3. Tidak boleh
menginjak lantai dan seluruh bagian tubuh tidak boleh menyentuh lantai.
4. Kertas hanya
boleh dipindahkan oleh pemilik kertasnya.
5. memindahkannya
harus di angkat dari lantai dan tidak boleh di geser
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
Hal
apa saja yang anda dapatkan dari permainan tersebut?
|
13
|
Variasi
|
Variasinya
adalah keinggian.
Kertas
a4 bisa diganti dengan bangku yang lebih tinggi .
|
Game 3
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Maulana
Efendi
|
2
|
Sumber
|
Pelatihan
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Popay
dan Brutus
|
4
|
Tujuan
|
Ice
breaking
|
5
|
Format
|
Kelompok
2 orang
|
6
|
Waktu
|
15
menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
-
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Game
ini melatih ketelitian dimana peserta harus mendengarkan sebuah cerita dimana
didalam cerita tersebut akan ada nama popay dan brutus. Peserta juga dilatih
untuk berfikir cepat, dan kerja cepat dimana ketika mendengar kata popay
maupun brutus peserta harus cepat menghindar dari pukulan atau memberi
pukulan ke tangan pasangan (kelompok) dengan cepat.
|
11
|
Prosedur
|
1. buat kelompok
terdiri dari 2 orang
2. tentukan popay
dan brutus dari anggota kelompok tersebut dengan cara sulit (yang menang jadi
popay dan yang kalah jadi brutus).
3. posisikan
pasangan (kelompok) tersebut dalam posisi berhadapan.
4. Sejajarkan
tangan pasangan (kelompok) didepan mereka.
5. Bacakan sebuah
cerita popay dan brutus (jika ada kata popay si popay dari kelompok tersebut
wajib memukul tangan sibrutus begitupun sebaliknya)
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
-
|
13
|
Variasi
|
Cerita
|
Game 4
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Fakhrizal
Yusman
|
2
|
Sumber
|
Internet
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Jika,
Maka
|
4
|
Tujuan
|
Communication
|
5
|
Format
|
Kelompok
2 orang
|
6
|
Waktu
|
10
menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
-
Pulpen/Pensil
-
Kertas
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Permainan
untuk melatih kekompakkan.
|
11
|
Prosedur
|
1. Dua orang
saling berhadapan
2. Orang pertama
menuliskan tentang suatu hal.
3. Orang kedua
menuliskan tentang hal lain.
4. Kemudian orang
pertama berkata “jika saya xxxx”
5. Orang kedua
menjawab “maka saya blab la bla”
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
-
|
13
|
Variasi
|
Menuliskan
hal yang berbeda.
|
Game 5
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Cristian
|
2
|
Sumber
|
Internet
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Langit
dan Bumi
|
4
|
Tujuan
|
Leadership
& Team Building
|
5
|
Format
|
Kelompok
5 orang
|
6
|
Waktu
|
5
menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
-
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Game
ini untuk melatih kekompakkan tim, kepemimpinan dan kepekaan.
|
11
|
Prosedur
|
1. Bentuk 1
kelompok berisi 5 orang
2. Pilih 1 orang
untuk menjadi ketua kelompok
3. Kemudian
diberi waktu 5 menit untuk mengatur formasi
4. Instruktur
akan memberikan perintah langit, bumi, jumlah langit yang dikatakan
instruktur adalah jumlah tangan dari anggota kelompok yang harus mengacung ke
atas dan jumlah bumi yang dikatakan instruktur adalah jumlah kaki yang harus
menginjak tanah.
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
-
|
13
|
Variasi
|
-
|
Game 6
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Okta
Sembiring
|
2
|
Sumber
|
Internet
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Benar
– Salah
|
4
|
Tujuan
|
Ice
Breaking & Communication
|
5
|
Format
|
Kelompok
5 orang/10 orang
|
6
|
Waktu
|
10
menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
-
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Peserta
dibagi dalam beberapa kelompok lalu dibariskan perkelompok. Kemudian
fasilitator memberikan instruksi rumus (benar-salah). Peserta harus bergerak
sesuai instruksi misal kanan-kiri-depan-belakang.
|
11
|
Prosedur
|
1. Peserta dibagi
beberapa kelompok
2. Fasilitator
menjelaskan aturan game
3. Fasilitator
memberi rumus (misal : benar-salah-benar)
4. Fasilitator
kemudian memberi instruksi (misal : kanan)
5. Kelompok harus
ikut instruksi
6. Bila ada
anggota kelompok yang salah gerak maka kelompok dinyatakan gagal.
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
|
13
|
Variasi
|
-
Kelompok
duduk jongkok melingkar (instruksi : maju, mundur, kanan, kiri)
-
Instruksi
ditambah lompat dan jongkok
-
Rumus
ditambah menjadi 4 atau 5
|
Game 7
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Opi
Sumardi
|
2
|
Sumber
|
Pengalaman
pribadi
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Si
Juker
|
4
|
Tujuan
|
Menumbuhkan
sikap SI JUKER
|
5
|
Format
|
Kelompok
6-7 orang
|
6
|
Waktu
|
10
menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
1. Bola plastic
2. Gelas plastic
3. Tali (bila
diperlukan)
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Kegiatan
ini dilakukan sama seperti bermain sepak bola ada dua tim, wasit, gawang dan
bola.
|
11
|
Prosedur
|
1. Buat tim
2. Memberikan
instruksi (aturan, cara, dll)
3. Mulai
pertandingan
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
Apa
yang anda rasakan?
|
13
|
Variasi
|
1. Variasi
kelompok
2. Variasi jarak
gawang
|
Game 8
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Aldi
Rizaldi
|
2
|
Sumber
|
Pengalaman
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Adu
Panjang
|
4
|
Tujuan
|
Ice
Breaking, Communication& Team Building
|
5
|
Format
|
Kelompok
5 orang
|
6
|
Waktu
|
5
menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
-
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Kegiatan
ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kerjasama tim, berpikir cepat.
|
11
|
Prosedur
|
1. Membagi
peserta menjadi 2 kelompok
2. Menempatkan 2
kelompok berkumpul terpisah jarak 1-2 m
3. Memulai game
adu panjang
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
|
13
|
Variasi
|
Perbedaan
jumlah kelompok
|
Game 9
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama
Pengusul
|
Dedi
Triyadi
|
2
|
Sumber
|
Pengalaman
|
3
|
Judul
kegiatan / Game
|
Permadani
dalam Hujan
|
4
|
Tujuan
|
Leadership,
Communication, Team Building, Kekompakkan & Strategi
|
5
|
Format
|
Kelompok
5-10 orang
|
6
|
Waktu
|
10-15
menit
|
7
|
Tempat
|
Outdoor
|
8
|
Alat
dan bahan
|
1. Karpet atau
banner
2. Botol air
3. Air
|
9
|
Peserta
|
30
orang
|
10
|
Deskripsi
|
Adalah
sebuah permainan kelompok yang ditujukan untuk dapat meningkatkan kerjasama,
kekompakkan dan strategi dalam keadaan dan situasi yang tidak kondusif untuk
dapat meraih satu tujuan bersama. Permainan ini diberi nama “Permadani dalam
Hujan” yang dilakukan dalam sebuah lintasan.
|
11
|
Prosedur
|
|
12
|
Diskusi
/ pembahasan / debriefing
|
|
13
|
Variasi
|
Perbedaan
jumlah kelompok
|
Game 10
No
|
Deskripsi
|
|
1
|
Nama Pengusul
|
Anggun Nadya Wisastra
|
2
|
Sumber
|
Pengalaman
|
3
|
Judul Kegiatan/Game
|
Memangku teman
|
4
|
Tujuan
|
Ice breaking & teamwork
|
5
|
Format
|
10-15 orang
|
6
|
Waktu
|
± 20 Menit
|
7
|
Tempat
|
Indoor
|
8
|
Alat dan Bahan
|
Tidak perlu
|
9
|
Peserta
|
30 orang
|
10
|
Deskripsi
|
Game ini adalah salah satu permainan yang
dilakukan secara berkelompok, dapat dilakukan baik indoor maupun outdoor.
Dalam permainan ini masing-masing anggota kelompok bersama-sama menahan beban
teman yang dipangku dihadapannya. Orang yang dipangku harus nyaman dan yakin
bahwa orang yang ada di belakang mampu untuk menahan berat orang yang
dipangku.
|
11
|
Prosedur (langkah-langkah)
|
1. Bagi peserta menjadi 2 kelompok besar.
|
2. Masing-masing kelompok berdiri membentuk
lingkaran dan menghadap ke arah kanan, sehingga peserta menghadap punggung
temannya.
|
||
3. Pada saat diberi aba-aba
"1…2…3", maka semua peserta harus memangku teman yang ada di
depannya.
|
||
4. Tim yang roboh atau jatuh duluan maka
dinyatakan kalah dan diberi hukuman.
|
||
12
|
Diskusi/Pembahasan/Debriefing
|
1. Bisakah masing-masing peserta merasa
nyaman dengan rekan kelompoknya?
|
2. Apa yang menjadi penyebab kegagalan?
|
||
3. Apa makna dan kesimpulan dari game ini?
|
||
13
|
Variasi
|
Pada saat masing-masing peserta sudah
memangku temannya, dapat diberi instruksi tambahan untuk bergerak ke kanan
atau ke kiri, dengan demikian diperlukan kekompakkan kelompok saat bergerak
agar tidak jatuh.
|
2 comments:
ijin copy ya
good
Post a Comment