Saturday, January 21, 2017

pentingnya perawatan rantai motor di daerah pegunungan atau dingin


rantai merupakan salah satu komponen mesin yang digunakan untuk menyampaikan gaya dalam bentuk rotasi. selain itu juga rantai dapat digunakan sebagai pen
yeimbang putaran dalam sebuah roda. rantai sangat penting fungsinya didalam sebuah sistem kendaraan karena merupakan komponen penggerak utama pada suatu kendaraan. sebagai contoh pada motor dengan penggerak penghubung rantai jika mengalami masalah pada rantai maka dampakya akan semakin terasa dengan motor yang tidak dapat digunakan.

salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakkan pelumasan dan juga dengan menjaga agar gesekan antar rantai dengan sproket menjadi sedikit mungkn dengan pelumasan. selain itu juga harus dibersihkan dari kotoran dan juga dari karat atau noda besi.

diketahui bahwa pada daerah dingin dan lebab maka besi dapat semakin mudah berkarat sebagai contoh pada daerah dingi atau pegunungan. daerah pegnungan dengan udara dngin dan juga keembaban yang tinggi maka akan mengakibatkan rantai menjadi bernida dengan kotoran besi yang ada. sebagai contoh timbul kerak berwarna merah yang diketahui sebagai ion besi atau ferum yang menajdi dasar terbentuknya karat pada rantai. pada daerah ini harus benar-benar diperhatikan agar pulih kembali. hal yang dapat dilakukan perawatan diantaranya adalah :

  1. menjaga kebersihan dari kotoran dan juga debu yang menjadi kerak pada rantai.
  2. membersihkan bagian kontak rantaii dengan sproket dengan pembersihan yang menyeluruh.
  3. memberkan pelumas dengan kadar cukup pada bagian rantai dan juga dengan memberikan peumasan dengan pelumasan kering dan juga pelumasan basah
  4. menghangatkan rantai atau menaruh kendaraan dalam ruangan yang kering dantidak lembab.
hal lain yang dapat dilakukan dapat bersifat mengambangkan dan juga menjaga agar umur dari rantai semakin panjang. dengan kata lain semakin maksimal pula fungsi dari rantai. 

No comments: