Saturday, March 11, 2017

game-game ringan membangun kepribadian (CHARACTER BUILDING)


character building wahyu
character building

Game 1
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Riki Andriyanto
2
Sumber
Internet
3
Judul kegiatan / Game
Lompat Vampir
4
Tujuan
Kekompakan dan kerjasama
5
Format
Kelompok 5 orang
6
Waktu
5 menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan bahan
-
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Tujuan daripada game ini untuk membangun kekompakan dari tim dan kerjasama dari team ataupun kelompok tersebut sehingga timbul kepercayaan dari seorang leader kepada anggotanya
11
Prosedur
1.      Tim dibentuk menjadi beberapa kelompok
2.      Setiap kelompok terdiri dari 5 anggota
3.      Kemudian setiap tim harus berangkulan satu dengan lainnya.
4.      Setelah itu ikuti instruktur apa yang dikatakan kemudian di kerjakan
12
Diskusi / pembahasan / debriefing
Instruktur akan melakukan pengarahan kepada peserta yaitu dengan mengatakan maju , mundur, ke kanan taupun kekiri.
13
Variasi
-











Game 2
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Tri Susanto
2
Sumber
Hasil pemikiran sendiri
3
Judul kegiatan / Game
Keselamatan bersama
4
Tujuan
Kekompakan dan kerjasama team
5
Format
Kelompok 5 orang
6
Waktu
Tak berbatas waktu. Tetapi beradu cepat ke garis finis
7
Tempat
Indoor / outdoor
8
Alat dan bahan
Kertas A4 atau papan kayu
9
Peserta
Tak terbatas jumlahnya
10
Deskripsi
Game ini dilakukan untuk melatih kekompakan, rasa berbagi, dan kepedulian
11
Prosedur
1.      Setiap peserta diberi kertas a4.
2.      Semua peserta akan berlomba memindahkan semua anggota kelompoknya sampai garis finis.
3.      Tidak boleh menginjak lantai dan seluruh bagian tubuh tidak boleh menyentuh lantai.
4.      Kertas hanya boleh dipindahkan oleh pemilik kertasnya.
5.      memindahkannya harus di angkat dari lantai dan tidak boleh di geser
12
Diskusi / pembahasan / debriefing
Hal apa saja yang anda dapatkan dari permainan tersebut?
13
Variasi
Variasinya adalah keinggian.
Kertas a4 bisa diganti dengan bangku yang lebih tinggi .




Game 3
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Maulana Efendi
2
Sumber
Pelatihan
3
Judul kegiatan / Game
Popay dan Brutus
4
Tujuan
Ice breaking
5
Format
Kelompok 2 orang
6
Waktu
15 menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan bahan
-
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Game ini melatih ketelitian dimana peserta harus mendengarkan sebuah cerita dimana didalam cerita tersebut akan ada nama popay dan brutus. Peserta juga dilatih untuk berfikir cepat, dan kerja cepat dimana ketika mendengar kata popay maupun brutus peserta harus cepat menghindar dari pukulan atau memberi pukulan ke tangan pasangan (kelompok) dengan cepat.
11
Prosedur
1.      buat kelompok terdiri dari 2 orang
2.      tentukan popay dan brutus dari anggota kelompok tersebut dengan cara sulit (yang menang jadi popay dan yang kalah jadi brutus).
3.      posisikan pasangan (kelompok) tersebut dalam posisi berhadapan.
4.      Sejajarkan tangan pasangan (kelompok) didepan mereka.
5.      Bacakan sebuah cerita popay dan brutus (jika ada kata popay si popay dari kelompok tersebut wajib memukul tangan sibrutus begitupun sebaliknya)
12
Diskusi / pembahasan / debriefing
-
13
Variasi
Cerita








Game 4
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Fakhrizal Yusman
2
Sumber
Internet
3
Judul kegiatan / Game
Jika, Maka
4
Tujuan
Communication
5
Format
Kelompok 2 orang
6
Waktu
10 menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan bahan
-          Pulpen/Pensil
-          Kertas
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Permainan untuk melatih kekompakkan.
11
Prosedur
1.      Dua orang saling berhadapan
2.      Orang pertama menuliskan tentang suatu hal.
3.      Orang kedua menuliskan tentang hal lain.
4.      Kemudian orang pertama berkata “jika saya xxxx”
5.      Orang kedua menjawab “maka saya blab la bla”
12
Diskusi / pembahasan / debriefing
-
13
Variasi
Menuliskan hal yang berbeda.




Game 5
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Cristian
2
Sumber
Internet
3
Judul kegiatan / Game
Langit dan Bumi
4
Tujuan
Leadership & Team Building
5
Format
Kelompok 5 orang
6
Waktu
5 menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan bahan
-
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Game ini untuk melatih kekompakkan tim, kepemimpinan dan kepekaan.
11
Prosedur
1.      Bentuk 1 kelompok berisi 5 orang
2.      Pilih 1 orang untuk menjadi ketua kelompok
3.      Kemudian diberi waktu 5 menit untuk mengatur formasi
4.      Instruktur akan memberikan perintah langit, bumi, jumlah langit yang dikatakan instruktur adalah jumlah tangan dari anggota kelompok yang harus mengacung ke atas dan jumlah bumi yang dikatakan instruktur adalah jumlah kaki yang harus menginjak tanah.
12
Diskusi / pembahasan / debriefing
-
13
Variasi
-




Game 6
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Okta Sembiring
2
Sumber
Internet
3
Judul kegiatan / Game
Benar – Salah
4
Tujuan
Ice Breaking & Communication
5
Format
Kelompok 5 orang/10 orang
6
Waktu
10 menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan bahan
-
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Peserta dibagi dalam beberapa kelompok lalu dibariskan perkelompok. Kemudian fasilitator memberikan instruksi rumus (benar-salah). Peserta harus bergerak sesuai instruksi misal kanan-kiri-depan-belakang.
11
Prosedur
1.      Peserta dibagi beberapa kelompok
2.      Fasilitator menjelaskan aturan game
3.      Fasilitator memberi rumus (misal : benar-salah-benar)
4.      Fasilitator kemudian memberi instruksi (misal : kanan)
5.      Kelompok harus ikut instruksi
6.      Bila ada anggota kelompok yang salah gerak maka kelompok dinyatakan gagal.
12
Diskusi / pembahasan / debriefing

13
Variasi
-          Kelompok duduk jongkok melingkar (instruksi : maju, mundur, kanan, kiri)
-          Instruksi ditambah lompat dan jongkok
-          Rumus ditambah menjadi 4 atau 5




Game 7
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Opi Sumardi
2
Sumber
Pengalaman pribadi
3
Judul kegiatan / Game
Si Juker
4
Tujuan
Menumbuhkan sikap SI JUKER
5
Format
Kelompok 6-7 orang
6
Waktu
10 menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan bahan
1.      Bola plastic
2.      Gelas plastic
3.      Tali (bila diperlukan)
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Kegiatan ini dilakukan sama seperti bermain sepak bola ada dua tim, wasit, gawang dan bola.
11
Prosedur
1.      Buat tim
2.      Memberikan instruksi (aturan, cara, dll)
3.      Mulai pertandingan
12
Diskusi / pembahasan / debriefing
Apa yang anda rasakan?
13
Variasi
1.      Variasi kelompok
2.      Variasi jarak gawang




Game 8
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Aldi Rizaldi
2
Sumber
Pengalaman
3
Judul kegiatan / Game
Adu Panjang
4
Tujuan
Ice Breaking, Communication& Team Building
5
Format
Kelompok 5 orang
6
Waktu
5 menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan bahan
-
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kerjasama tim, berpikir cepat.
11
Prosedur
1.      Membagi peserta menjadi 2 kelompok
2.      Menempatkan 2 kelompok berkumpul terpisah jarak 1-2 m
3.      Memulai game adu panjang
12
Diskusi / pembahasan / debriefing

13
Variasi
Perbedaan jumlah kelompok




Game 9
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Dedi Triyadi
2
Sumber
Pengalaman
3
Judul kegiatan / Game
Permadani dalam Hujan
4
Tujuan
Leadership, Communication, Team Building, Kekompakkan & Strategi
5
Format
Kelompok 5-10 orang
6
Waktu
10-15 menit
7
Tempat
Outdoor
8
Alat dan bahan
1.      Karpet atau banner
2.      Botol air
3.      Air
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Adalah sebuah permainan kelompok yang ditujukan untuk dapat meningkatkan kerjasama, kekompakkan dan strategi dalam keadaan dan situasi yang tidak kondusif untuk dapat meraih satu tujuan bersama. Permainan ini diberi nama “Permadani dalam Hujan” yang dilakukan dalam sebuah lintasan.
11
Prosedur
Permainan kelompok yang terdiri dari 5-10 orang, dalam satu permainan dapat dilakukan oleh 2 atau lebih kelompok dalam satu kali main dengan 1 instruktur dan 2 asisten. Setiap kelompok diberikan 3 buah banner/karpet berukuran 1x1 meter (untuk 10 orang).
12
Diskusi / pembahasan / debriefing

13
Variasi
Perbedaan jumlah kelompok




Game 10
No
Deskripsi

1
Nama Pengusul
Anggun Nadya Wisastra
2
Sumber
Pengalaman
3
Judul Kegiatan/Game
Memangku teman
4
Tujuan
Ice breaking & teamwork
5
Format
10-15 orang
6
Waktu
± 20 Menit
7
Tempat
Indoor
8
Alat dan Bahan
Tidak perlu
9
Peserta
30 orang
10
Deskripsi
Game ini adalah salah satu permainan yang dilakukan secara berkelompok, dapat dilakukan baik indoor maupun outdoor. Dalam permainan ini masing-masing anggota kelompok bersama-sama menahan beban teman yang dipangku dihadapannya. Orang yang dipangku harus nyaman dan yakin bahwa orang yang ada di belakang mampu untuk menahan berat orang yang dipangku.
11
Prosedur (langkah-langkah)
1. Bagi peserta menjadi 2 kelompok besar.
2. Masing-masing kelompok berdiri membentuk lingkaran dan menghadap ke arah kanan, sehingga peserta menghadap punggung temannya.
3. Pada saat diberi aba-aba "1…2…3", maka semua peserta harus memangku teman yang ada di depannya.
4. Tim yang roboh atau jatuh duluan maka dinyatakan kalah dan diberi hukuman.
12
Diskusi/Pembahasan/Debriefing
1. Bisakah masing-masing peserta merasa nyaman dengan rekan kelompoknya?
2. Apa yang menjadi penyebab kegagalan?
3. Apa makna dan kesimpulan dari game ini?
13
Variasi
Pada saat masing-masing peserta sudah memangku temannya, dapat diberi instruksi tambahan untuk bergerak ke kanan atau ke kiri, dengan demikian diperlukan kekompakkan kelompok saat bergerak agar tidak jatuh.